Selasa, 12 Maret 2013

TugasAnalisiIklan


KELOMPOK 5

RUMIATI
NIM A1B110226
PBSI REGULER B

IKLAN KARTU AS DI RADIO

Wanita   : (a) Beb, kenapa sih kamu harus pergi dengan cara ini, cuma demi uang lima ratusku yang kecebur kolam, kamu nekat nyemplung, padahal kamu kan ga bisa berenang kamu tu lebih berharga dibanding uang lima ratus itu….
pria 1     : (b) SALAH…! di kartu AS, uang lima ratus amatlah berharga, karna gratisnya bukan PHP (Pemberi Harapan Palsu). Pakai lima ratus langsung gratis seratus megabite buat internetan, puluhan menit nelpon, dan ratusan sms. Cuma kartu AS yang bisa begini.
pria 2     : (c) Bebeb…. daripada ngomong terus, mending lemparin aku pelampung.
Wanita   : (d) Heh..!!! cari dulu lima ratusnya sampai dapet. Cariiii……!!!!
pria 1     : (e) Syarat dan ketentuan berlaku, info lengkap di telkomsel.com

Hasil Analisis Iklan Kartu AS
1.      Butir Utama Iklan
Butir utama iklan kartu AS di atas menarik perhatian calon konsumen dan menimbulkan rasa keingintahuan. Butir utama iklan kartu As tersebut yaitu pada kalimat(a):
Beb, kenapa sih kamu harus pergi dengan cara ini, cuma demi uang lima ratusku yang kecebur kolam, kamu nekat nyemplung, padahal kamu kan ga bisa berenang kamu tu lebih berharga dibanding uang lima ratus itu….
Pada kalimat iklan di atas bermaksud membuat calon konsumen penasaran dan bertanya-tanya ada apa dengan uang lima ratus, sehingga calon konsumen ingin mengetahui kelanjutan iklan tersebut.                                                                                                                                  
2.      Badan Iklan
Proposisi yang diungkapkan pada badan iklan kartu AS yaitu proposisi alasan subjektif berupa hal-hal yang membawa emosi calon konsumen. Alasan subjektifnya yaitu pada kalimat(b):
SALAH…! di kartu AS, uang lima ratus amatlah berharga, karna gratisnya   bukan PHP (Pemberi Harapan Palsu). Pakai lima ratus langsung gratis seratus megabite buat internetan, puluhan menit nelpon, dan ratusan sms. Cuma kartu AS yang bisa begini.
Kalimat di atas memiliki alasan yang subjektif (emosional) karena pada kalimat di atas menyatakan bahwa cuma dengan lima ratus, dapat banyak gratis kalau pakai kartu AS.                                                                                                                                     
3.      Penutup Iklan
Bagian penutup tersebut, pendekatan penjualan yang digunakan untuk mengakhiri badan iklan pada iklan kartu AS adalah dengan cara lemah yaitu menggunakan teknik lunak dan iklan ini menggunakan butir pasif. Penutupnya terdapat pada bagian (c) (d) (e) yaitu:      
(c) Bebeb…. daripada ngomong terus, mending lemparin aku pelampung.
(d) Heh..!!! cari dulu lima ratusnya sampai dapet. Cariiii……!!!!
(e) Syarat dan ketentuan berlaku, info lengkap di telkomsel.com
Ada informasi tambahan yang terdapat pada penutup iklan di atas yaitu bagian (c) dan (d) informasi tambahannya bahwa si wanita jadi mementingkan uang lima ratusnya. Pada bagian (e) menginformasikan tentang merk dagang yaitu telkomsel dan cara untuk menemukan info yang lebih lengkap.
Iklan kartu AS ini menggunakan strategi langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar